Setrika adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat penting. Hampir disetiap rumah dipastikan mempunyai setrika, terutama setrika listrik. Sebagai alat untuk melicinkan pakaian, setrika amat sering digunakan. Orang normalnya menyetrika dua kali seminggu, namun ada juga yang menyetrika setiap hari. Hal ini bisa membuat setrika cepat rusak. Ada berbagai jenis kerusakan setrika listrik, diantaranya adalah: (baca juga: setrika uap gassetrika uap nagamotosetrika uap gantung)

ads
  1. Setrika tidak Panas

Jika setrika tidak  panas namun lampu indikator nyala, ini kerusakan yang sering terjadi, biasanya karena kabel ACnya putus. Namun bila lampu indikator tidak nyala tapi setrika anda tidak kunjung panas, kemungkinan besar elemennya yang rusak. Kalau anda punya alat Avometer, bisa dicek sesuai dengan aturan pakainya. (Baca juga: Setrika Listrik Tidak Panas)

  1. Setrika Tidak Terlalu Panas

Bisa jadi karena thermostat yang tidak dapat mengalirkan arus listrik pada elemen pemanas sehingga tidak terjadi pemanasan, atau panas yang kurang karena aliran arus pada thermostat ke elemen pemanas kurang. (Baca Juga: setrika uap berdirisetrika uap oxone)

  1. Setrika terlalu panas

Nah kalau setrika terlalu panas, kemungkinannya adalah pengatur suhu terlalu melekat ke bagian lempengan, sehingga ketika suhu yang dimaksud sudah tercapai namun si thermostat susah untuk melepaskan diri dari bagian lempengan, sehingga pemanasan akan terus terjadi. (Baca Juga: Cara Menyetrika Baju Katun , Cara Menyetrika Jas)

  1. Badan setrika menyetrum

Kemungkinan besar ada bagian kabel atau komponen lain yang mengelupas dan menempel pada bagian badan setrika. Segera atasi hal ini dengan mencari letak kebocoran karena sangat berbahaya. Carilah letak kebocoran arus tersebut lalu diperbaiki dengan memberi isolasi pada bagian yang bermasalah. Hal ini bisa juga akibat elemen pemanas yang isolasinya sudah jelek, sehingga listrik menempel pada alas setrika. (Baca Juga: Macam Macam Setrika Boiler , Jenis Jenis Setrika Maspion)

Sponsors Link

  1. Kabel setrika menyetrum

Gerakan menyetrika yang maju mundur, kekanan dan kekiri, bisa menyebabkan kabel terkelupas. Walau kabel sudah dilapisi dengan benang tebal untuk menghindari hal ini, namun lama kelamaan akan rusak juga. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan solasi listrik pada kabel yang terbuka. (Baca juga : Cara Merawat Setrika Agar Awet , Cara Menggunakan Setrika Arang)

  1. Setrika mati total

Ditandai dengan lampu indikator yang tidak menyala dan setrika yang tetap dingin. Untuk mengetahui masalahnya, silakan gunakan avometer. Pemeriksaan bisa dimulai dari kabel steker. Apabila tidak ada masalah, silakan dilanjutkan ke bagian selector. (Baca Juga: Mesin Setrika Otomatis , Cara Setrika Bahan Polyester)

  1. Hasil setrika tidak licin

Ini disebabkan oleh kotoran yang menempel pada alas setrika. Untuk membersihkannya bisa menggunakan daun pisang atau garam. Kalau anda punya daun pisang, setrikalah beberapa daun pisang hingga kotoran hilang. Jika sudah selesai, dan setrikaan sudah dingin, laplah dengan menggunakan lap lembab. Jika tidak ada daun pisang, anda bisa menggunakan garam. Letakkan Koran diatas alas setrika, taburi dengan garam. Setrikalah garam tadi, setelah kotoran terangkat, matikan setrika, tunggu hingga dingin, lalu lap dengan kain lembab. (Baca juga : Cara Membersihkan Setrika Lengket)

  1. Setrika kadang hidup kadang mati

Penyebabnya adalah arus yang masuk tersendat-sendat, ini bisa karena steker yang sudah hampir putus, baud terminal longgar atau besi penghantar yang kurang pas. (Baca Juga: Setrika Uap Murah Watt Kecil , Jenis Setrika Philips)

Sponsors Link

  1. Elemen rusak

Elemen adalah sumber panas sebuah setrika. Komponen ini merubah energi listrik menjadi panas. Komponen ini biasanya banyak tersedia di toko-toko elektrik, atau service center produsen setrika tersebut. (baca juga :  jenis setrika listrik , Jual Setrika Uap Gas)

  1. Pengatur suhu rusak

Ketika suhu setrika sudah mencapai suhu yang kita inginkan, maka lempengan bimetal akan melepaskan diri dari elemen pemanas. Sehingga suhu akan terkontrol sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan pengatur suhu tidak bekerja, yaitu kontak yang kotor atau  drat ulir potensio thermostat sudah aus.

Baca juga:

  1. Stop kontak bermasalah

Anda harus selalu mengontrol stop kontak yang digunakan, karena jika stop kontak yang anda gunakan rusak, kotor atau tidak terpasang sempurna, akan menyebabkan arus daya listrik berkurang.

Demikian beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik, jika anda tidak tahu cara memperbaikinya, lebih baik serahkan pada ahlinya saja.

 

Sponsors Link

Posted by · Tags: jenis kerusakan, jenis kerusakan setrika listrik, listrik, setrika, setrika listrik