Setrika listrik selalu dimiliki hampir di setiap rumah tangga. Manfaatnya yang tidak bisa diremehkan membuat orang terus melakukan inovasi terhadap setrika. Terlebih dengan semakin berkembangnya dunia style, orang akan lebih menyukai baju yang rapi dan harum. Untuk memperoleh baju serapi mungkin yang layak dipakai seluruh penghuni rumah, seorang ibu rumah tangga membutuhkan bantuan alat dan tekhnologi.

ads

Salah satu peralatan rumah tangga yang dapat meringankan beban para ibu rumah tangga adalah setrika listrik. Yaitu setrika hasil inovasi zaman yang dulunya mengharuskan tambahan arang dan daun pisang segar agar dapat menyetrika, sekarang ibu-ibu hanya tinggal mencolokkan setrika ke listrik. Hanya sesederhana itu saja, setrika dapat membantu ibu-ibu membuat kemeja atau jas kerja suaminya menjadi super rapi. (Baca juga : Cara Menyetrika Kemeja)

Setrika listrik sendiri ada beberapa jenisnya. Pemilihan jenis setrika listrik untuk kepentingan rumah tangga sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan financial. Namun jika anda adalah seorang pengelola usaha laundry, bolehlah anda memiliki semua jenis mesin pencuci dan penyetrika baju agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien.

Jenis setrika listrik ada 3. Secara umum ada banyak kesamaan komponen utama yang dimiliki setrika listrik. Hanya beberapa bagian saja yang membedakan jenis setrika listrik, yaitu :

  1. Setrika listrik otomatis (dapat mengatur panas pada suhu tertentu, sehingga lebih aman dan hasil setrikaan lebih rapi)
  2. Setrika uap (dilengkapi dengan pompa air yang membantu menyemprotkan air sebagai pelembap pakaian)
  3. Setrika listrik biasa tanpa termostat

1. Setrika Listrik Otomatis

Komponen

Setrika listrik otomatis merupakan jenis setrika listrik yang dimiliki hampir seluruh rumah tangga. Pemakaiannya mengandalkan energi listrik yang kemudian akan diubah menjadi energi panas. Panas yang dihasilkan itulah kemudian akan menghilangkan kerutan-kerutan pada baju anda. Berikut adalah komponen-komponen penyusun setrika listrik otomatis.

  • Permukaan Setrika

Bagian permukaan setrika berada di bawah. Bagian ini terbuat dari bahan penghantar panas yang terbuat dari logam, sehingga bagian ini biasa juga disebut besi pengumpul panas. Permukaan setrika listrik biasanya memiliki lapisan anti lengket yang sangat membantu dalam melicinkan pakaian anda. Namun lapisan anti lengket tersebut dapat terkikis pada tingkat panas yang melebihi batas maksimal atau tergores sedikit demi sedikit karena sering berbenturan dengan benda yang permukaannya keras. Misalkan retsleting celana atau kancing baju. (Baca juga : Cara Agar Setrika Tidak Lengket)

Permukaan setrika harus selalu dalam keadaan bersih. Jika memang harus menggunakan setrika dalam waktu yang lama, coba terapkan sistem sesi agar setrika anda awet. Apalagi jika setrika listrik anda bukan jenis otomatis. Anda tidak perlu khawatir dengan permukaan setrika listrik otomatis yang terbuat dari besi. Desain setrika sudah dipertimbangkan agar tetap dapat menghantarkan panas tanpa mengesampingkan potensi karat. Sehingga bagian ini dilapisi juga dengan krom yang berfungsi sebagai anti karat.

  • Sumber Panas

Pada setrika listrik model baru atau yang lama, akan selalu ditemukan bagian konduktor yang berfungsi sebagai penghantar panas ke permukaan setrika. Biasanya bagian ini mengandung kawat nikelin yang diletakkan pada bahan isolator. Tujuan meletakkan kawat nikelin ke bahan penghambat panas adalah untuk mencegah terjadinya perembetan panas ke badan setrika. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kepanasan saat menyetrika.

  • Besi Pemberat

Karena kain katun juga membutuhkan tekanan dan cara menyetrika yang khusus daripada jenis kain lainnya, dunia mode fashion pun semakin berusaha membuat inovasi baru. Sekarang sudah banyak pakaian model baru yang bisa dibuat dengan bahan kain non katun. Setrika model baru akhirnya menghilangkan komponen besi pemberat dalam setrika.

Sebelumnya, pada setrika listrik otomatis besi pemberat digunakan untuk menghasilkan panas maksimal agar baju berbahan katun dapat disetrika sesempurna mungkin. Meskipun setrika listrik keluaran terbaru telah menghilangkan komponen ini, tapi masih banyak juga rumah tangga yang memiliki jenis setrika listrik otomatis dengan besi pemberat.

  • Badan Setrika

Badan setrika terdiri dari gagang sebagai bagian yang bisa dipegang langsung oleh tangan penyetrika dan tutup setrika yang berfungsi agar energi panas yang dihasilkan tidak langsung menyebar ke udara dan mengenai penyetrika. Bahan yang digunakan sebagai bahan dasar badan setrika terbuat dari kayu atau ebonit yang merupakan bahan bersifat isolator.

Sponsors Link

  • Kabel Setrika

Kabel yang ada pada setrika biasanya dilengkapi pula dengan terminal penghubung yang menghubungkan komponen-komponen dalam sebuah setrika. Kabel pada setrika inilah yang akan menghubungkan setrika dengan stop kontak sebagai colokan sumber listrik. Untuk menjaga agar kabel setrika listrik tetap awet, kita tidak boleh menekuk kabel seusai menggunakan. Kabel yang ditekuk dalam keadaan setrika masih panas membuka kemungkinan terjadinya kebakaran atau korsleting listrik.

  • Tombol Pengatur Suhu

Tombol pengatur suhu biasanya berada di bawah gagang di atas badan setrika. Tombol ini dapat menahan panas pada suhu tertentu karena memanfaatkan thermostat berprinsip kerja 2 buah bimetal yang memiliki koefisien muai berbeda.

Suhu tertentu pada setrika listrik akan sangat mempengaruhi hasil penyetrikaan pakaian anda. Misalkan baju anda berbahan katun, tetapi anda menyetrika dengan tombol mengarah ke satin. Tentu saja hasil setrikaan tidak serapi yang anda bayangkan.


Keunggulan

Ada banyak keunggulan setrika listrik otomatis yang terbukti mencuri hati para ibu rumah tangga selama bertahun-tahun. Anda juga dapat mempertimbangkannya sebagai pilihan menyelesaikan pekerjaan menyetrika di rumah. Berikut adalah keunggulannya :

  1. Murah

Dilihat dari harganya, setrika listrik otomatis dinilai lebih terjangkau. Selain karena fiturnya yang sudah dilengkapi thermostat, harga yang harus dikeluarkan untuk membeli di awal tidak terlalu memberatkan. Sebanding dengan kemampuannya merapikan pakaian dalam rumah.

  1. Mudah

Disebut mudah karena cara penggunaan setrika listrik otomatis tidak perlu ribet. Anda hanya tinggal menghubungkan kabel dengan sumber listrik dan menunggu sebentar agar setrika menghasilkan energi panas. Sekarang anda sudah bisa menyetrika pakaian dengan nyaman.

  1. Ringan

Setrika listrik otomatis memang cenderung lebih ringan daripada jenis setrika listrik portable lainnya. Hal ini karena komponen dalam setrika listrik otomatis benar-benar hanya komponen utama yang tidak memberatkan setrika.

Tidak ada pompa air, tabung atau laci air, dan pada versi terbaru tidak ada besi pemberat. Setrika yang ringan akan memudahkan penyetrika melakukan pekerjaan menyetrika pakaian dalam jumlah banyak. Karena itulah ia mendapatkan hati di hati para ibu rumah tangga.

  1. Termostat

Termostat sudah terbukti sangat ampuh membantu proses menyetrika. Termostat akan membantu ibu-ibu mengatur suhu panas yang pas untuk kain pakaiannya. Suhu yang sesuai dengan jenis kain pada pakaian yang akan disetrika akan menghasilkan baju licin dan rapi maksimal dibanding panas bersuhu sembarangan.

Termostat ini juga bisa membantu ibu sedikit lega tidak menggunakan setrika uap untuk menyetrika pakaian berbahan katun. Kain katun yang membutuhkan kelembapan dan suhu panas serta tekanan tinggi cukup merepotkan para ibu. Namun dengan adanya thermostat pada setrika listrik otomatis, ibu bisa melakukan penyemprotan manual agar pakaian katun lembap. Setelah itu melakukan penyetrikaan seperti biasa dengan suhu dan tekanan untuk kain katun. (Baca juga : Cara Menyetrika Baju Katun)


Kelemahan

Selain memiliki keunggulan, setrika listrik otomatis juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan ini membuat setrika listrik otomatis tidak cocok digunakan sebagai peralatan laundry. Berikut adalah kelemahan setrika listrik otomatis dibanding jenis setrika listrik lainnya.

  1. Boros Listrik

Pemanfaatan setrika listrik otomatis memang harus membayar mahal pada sumber energinya, listrik. Apabila anda menggunakan setrika listrik otomatis sebagai peralatan usaha laundry anda, tentunya akan banyak biaya operasional yang dikeluarkan untuk membayar listrik.

  1. Merusak Sablon

Kelemahan ini memang masih bisa diakali oleh penyetrika dengan cara menyetrika dari balik baju bersablon. Namun bagaimanapun juga, setrika listrik otomatis memang memiliki potensi merusak baju bersablon. Jadi jangan menyetrika kaos bersablon dari bahan karet jika tidak ingin merusak baju.

  1. Tidak Sempurna

Walaupun setrika listrik otomatis hadir untuk menyempurnakan kemampuan setrika listrik biasa, namun hasil outputnya belum dapat menandingi setrika uap. Kerapian yang dihasilkan oleh setrika listrik otomatis berada di tengah, sehingga jika anda menginginkan baju tanpa lipatan atau kusut sama sekali ada baiknya beralih ke jenis setrika lain.


ads

2. Setrika Uap

Komponen Khas

Jenis setrika yang menjadikan listrik sebagai sumber energinya adalah setrika uap. Setrika model ini banyak digunakan oleh para pengusaha laundry berkembang. Setrika jenis ini belum termasuk jenis mesin laundry karena pemakaiannya masih berskala rumah tangga. Berbeda dengan mesin setrika uap yang memang dirancang agar dapat membantu tugas perusahaan laundry yang menumpuk sampai 100 kilogram per harinya. (Baca juga : Setrika Untuk Laundry)

Adapun setrika uap memiliki beberapa komponen penyusun yang sedikit berbeda dengan setrika listrik otomatis maupun biasa. Berikut adalah komponen-komponen khas setrika uap yang membedakan dengan setrika listrik otomatis.

  1. Permukaan

Bagian bawah setrika ini menjadi bagian wajib yang ada di setrika jenis manapun. Pada setrika uap, permukaan setrika akan dihubungkan langsung ke bagian pemanas. Ada lubang-lubang tempat keluarnya uap air mendidih yang berada di bagian permukaan setrika uap ini. Dan hal tersebutlah yang paling membedakan dari jenis setrika listrik lainnya.

  1. Elemen Pemanas

Elemen pemanas atau bagian pemanas pada setrika uap biasanya terbuat dari kawat nichrom yang dililitkan pada mika. Panas diratakan dengan cara membentuk kawat nichrom yang sudah dimasukan ke dalam selongsong dan membungkusnya dengan bahan isolator. Kemudian bahan tersebut dibentuk seperti sole plate. Di dalam sole plate inilah air didihkan. Jadi uap air yang keluar di permukaan setrika berasal dari bagian sole plate ini.

  1. Termostat

Bagian ini sama seperti yang ada pada setrika listrik otomatis. Kegunaannya pun juga sama seperti termostat di setrika listrik otomatis. Kita dapat mengatur tingkat panas sesuai kebutuhan karena adanya termostat ini.


Keunggulan

Itulah 3 komponen setrika listrik uap yang utama. Disebut utama karena ketiga bagian itulah yang menjadi sumber keunggulan setrika listrik uap. Bagian-bagian lain sama seperti yang ada pada setrika listrik otomatis. Keunggulan lain yang dimiliki setrika uap adalah sebagai berikut :

  1. Hasil Menyetrika

Tentunya orang-orang yang mendahulukan kualitas selalu nyaman memakai setrika uap. Hasil penyetrikaan akan jauh lebih rapi dan mudah dibanding dengan hasil menyetrika setrika listrik otomatis. Meskipun ada beberapa hal yang harus ditebus, hasil penyetrikaan setrika uap tidak akan mengecewakan. Terlebih untuk baju berbahan katun yang sering kusut kembali setelah disetrika.


Kekurangan

  1. Mahal

Mahal itu relatif. Kita menyebut setrika uap mahal karena penggunaannya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Biaya instalasi awal setrika uap hanya dikeluarkan sekali untuk berkali-kali mendapatkan hasil setrika yang lebih baik.

  1. Perawatan Ribet

Karena menggunakan air dalam proses menyetrika, ada beberapa aturan khusus yang harus dipatuhi agat setrika uap dapat awet. Aturan ini meliputi cara pemakaian dan perawatan setrika uap.


3. Setrika Listrik Biasa

Jenis setrika listrik biasa tidak terlalu disukai oleh orang yang sering menyetrika. Komponen setrika yang terdapat pada setrika listrik biasa sama seperti setrika listrik otomatis. Yang membedakan hanya komponen termostat pada setrika.

Baca juga :

Setrika listrik biasa tidak memiliki termostat sebagai pengatur suhu panas. Karena itu jika kita sedang menyetrika baju dalam jumlah banyak, sangat tidak dianjurkan menggunakan setrika listrik biasa tanpa termostat ini. Panas berlebih yang dibiarkan terus menerus dapat merusak setrika dan memendekkan umur setrika secara perlahan.

Walaupun prinsip kerja yang langsung mengalirkan energi listrik menjadi panas tidak dapat menghasilkan hasil yang optimal, namun anda bisa mendapatkan setrika jenis ini dengan harga yang relatif murah.

Sponsors Link

Posted by · Tags: jenis setrika, menyetrika, setrika, setrika listrik