Kekurangan setrika arang dibandingkan dengan jenis-jenis mesin setrika modern lainnya mungkin bisa dibilang sangat banyak karena memang saat ini penggunaan setrika arang sudah sepenuhnya ditinggalkan oleh masyarakat modern yang sudah memilih akses terhadap listrik selama 24 jam penuh. Namun ternyata pembangunan di Indonesia sampai saat ini belum sepenuhnya merata dan belum semua masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di daerah pelosok masih belum bisa menikmati listrik oleh karena itu setrika arang masih banyak digunakan di daerah-daerah tersebut karena memang cara kerja setrika listrik adalah menggunakan listrik agar bisa berfungsi dan karena memang tidak ada listrik maka apapun jenis setrika listrik tidak dapat berfungsi.

ads

Artikel Terkait:

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Arang

Jika bicara soal kelebihan dan kekurangan beberapa jenis setrika maka setrika arang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya dan jika Anda benar-benar penasaran tentang setrika arang yang kebanyakan orang sudah tidak pernah lagi melihatnya berikut adalah beberapa informasi yang Anda wajib tahu.

Kelebihan

Sebelum berbicara soal kekurangan setrika arang berikut adalah beberapa keunggulan setrika arang yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan setrika arang.

  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hanya masyarakat di daerah pelosok yang masih menggunakan setrika arang dengan alasan tidak adanya akses listrik. Jadi dengan kata lain salah satu manfaat atau kelebihan setrika arang adalah Anda bisa menggunakannya dimana saja.
  • Karena setrika arang menggunakan arang dan tidak menggunakan listrik maka bisa dibilang jenis setrika ini sangatlah ekonomis karena setrika listrik memerlukan watt listrik yang cukup besar dan tentunya bisa membuat tagihan listrik bulanan membengkak.
  • Cara menggunakan setrika arang juga relatif mudah jadi bisa digunakan oleh siapa saja.

Kekurangan

Setelah mengetahui manfaat atau kelebihan setrika arang berikut adalah bebarapa kekurangan yang juga harus Anda ketahui tentang jenis setrika yang sudah semakin langka ini.

  • Setrika arang membutuhkan arang yang berwarna hitam jadi Anda harus hati-hati ketika menggunakan setrika arang untuk menyetrika baju putih.
  • Saat ini banyak terdapat setrika listrik otomatis yang menggunakan teknologi bimetal dimana cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu memudahkan Anda untuk mengatur suhu setrikaan. Sayangnya, setrika arang sama sekali tidak bisa diatur suhunya sehingga Anda harus pintar-pintar ketika akan memilih jenis bahan yang harus disetrika.
  • Walaupun setrika arang mudah digunakan karena hampir sama saja dengan jenis setrika pada umumnya namun tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat arang menjadi bara dan membuat panas setrika arang tetap stabil.
  • Karena setrika arang memerlukan bara api agar tetap panas maka bau arang yang terbakar juga bisa menjadi kekurangan setrika arang karena asap yang dikeluarkan kemungkinan bisa membuat pakaian yang disetrika menjadi berbau asap, oleh karena itu ketika menggunakan setrika arang pastikan sirkulasi udara di ruangan tempat menyetrika baik atau sebaiknya menyetrika di ruang terbuka justru lebih direkomendasikan.
  • Saat ini setrika arang sudah semakin sulit ditemui jadi memang jangan heran jika di beberapa daerah setrika arang sudah dianggap sebagai barang antik dan harganya bisa menjadi sangat mahal.

Artikel terkait:

Walaupun mungkin setrika arang sudah tidak lagi populer tapi bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui cara kerja setrika arang karena dengan begitu jika suatu hari Anda berada di situasi dimana hanya setrika arang yang tersedia untuk membuat pakaian Anda rapi sempurna, walaupun kemungkinan tersebut sangat kecil setidaknya Anda tidak perlu panik dan tahu betul bagaimana cara menggunakannya beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: kekurangan, kelebihan, setrika arang