Kelebihan setrika uap gas terletak pada penggunaan gas sebagai sumber energinya dan bukannya listrik seperti kebanyakan jenis setrika uap yang Anda kenal selama ini. Setrika uap gas juga dikenal dengan sebutan setrika uap boiler yang cara kerjanya hampir sama dengan kebanyakan jenis setrika uap dimana untuk melicinkan pakaian menggunakan metode penguapan dan bukannya panas dari besi pemberat seperti yang pada umumnya digunakan pada jenis setrika listrik. Hanya saja dari segi model dan fitur setrika uap gas sangat berbeda dengan kebanyakan jenis setrika uap. (baca juga: Macam-macam Setrika Boiler)

ads

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap Gas

Berikut adalah beberapa daftar kelebihan dan kekurangan setrika uap gas yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk beralih menggunakan setrika uap gas.

Kelebihan

  1. Kelebihan setrika uap gas yang utama adalah hemat listrik, karena Anda tidak memerlukan listrik sama sekali jika menggunakan gas sebagai sumber energi panasnya.
  2. Menyetrika dengan setrika uap relatif lebih cepat dengan hasil yang lebih sempurna dibandingkan dengan setrika listrik otomatis biasa dan setrika uap gas tidak terkecuali.
  3. Jika Anda memiliki bisnis laundry maka setrika uap gas sangatlah direkomendasikan karena sangat hemat terutama bisnis laundry menengah keatas.
  4. Setrika uap gas tentunya lebih aman dibandingkan dengan penggunaan setrika listrik yang rawan akan terjadinya arus pendek ketika menyetrika, namun tentu saja Anda juga harus hati-hati dengan penggunaan gasnya, jangan sampai bocor.
  5. Setrika uap jenis ini sangat cocok untuk menyetrika semua jenis bahan pakaian sampai bahan-bahan yang tebal seperti yang digunakan untuk membuat gorden atau seprai. (baca juga: Cara Menyetrika Gorden, Cara Menyetrika Seprai, Cara Menyetrika Seprei Rumbai)

Kekurangan

  1. Kekurangan utama setrika uap jenis ini adalah ukuran boiler atau tabungnya yang sangat besar. Jadi sangat tidak praktis untuk digunakan di rumah kecuali jika Anda memiliki ruangan khusus untuk menyetrika.
  2. Harga satu unit setrika uap gas atau boiler ini sangatlah mahal, jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis setrika uap lainnya.
  3. Tidak cocok untuk bisnis laundry menengah ke bawah karena harganya yang relatif mahal itu walaupun untuk jangka panjang tergolong hemat.
  4. Memerlukan pemahaman khusus untuk mengoperasikan jenis setrika uap ini walaupun cara menggunakan setrika uap gas tidaklah terlalu sulit tapi Anda tetap harus mempelajarinya terlebih dahulu.
  5. Tidak cocok untuk pemakaian rumahan kecuali jika Anda memiliki ruangan khusus untuk menyetrika mengingat setrika jenis ini memiliki tabung untuk menghasilkan uang yang ukurannya relatif besar.

Setrika Uap Gas Cocok Untuk Bisnis Laundry

Salah satu kekurangan setrika uap gas adalah tidak cocok untuk pemakaian rumahan karena selain harganya relatif mahal ukurannya pun tidak praktis untuk digunakan di rumah namun hal ini justru menjadi kelebihan jika Anda memiliki bisnis laundry. Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jenis setrika untuk laundry ini untuk bisnis laundry:

Sponsors Link

  • Karena menggunakan gas Anda dapat sangat menghemat biaya listrik dan satu tabung gas kecil 3 kg cukup untuk menyetrika kurang lebih 150 lembar pakaian.
  • Hasil yang dihasilkan dari setrika ini sangat rapi dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan setrika listrik biasa. (baca juga: Cara Menyetrika yang Benar, Cara Menyetrika Agar Cepat Selesai, Cara Menyetrika Agar Licin)
  • Waktu yang digunakanpun relatif lebih singkat dalam menyetrika.
  • Setrika uap gas dapat digunakan di semua jenis pakaian dan bahan kain sementara setrika listrik tidak semuanya bisa.

Artikel Terkait:

Jadi tentunya Anda sudah memiliki cukup informasi tentang kelebihan dan keuntungan jika Anda menggunakan setrika uap gas atau yang lebih dikenal dengan sebutan setrika uap boiler.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika, setrika uap, setrika uap gas