Keunggulan setrika uap tentunya menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang berniat mengganti setrika listrik otomatis biasa Anda dengan salah satu dari jenis setrika uap. Namun sebelum kita membahas tentang keunggulan setrika uap, Anda perlu tahu juga bahwa terdapat berbagai macam jenis setrika uap dan setiap jenisnya memiliki keunggulan atau kelebihannya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis setrika uap dan keunggulannya.

ads

1. Setrika Uap Dwi Fungsi

Setrika uap dwi fungsi adalah setrika uap yang bentuknya hampir sama dengan jenis setrika listrik kebanyakan namun memiliki fungsi ganda yaitu bisa digunakan sebagai setrika listrik biasa tapi bisa juga digunakan sebagai setrika uap. Keuntungannya tentu saja Anda bisa menyetrika sesuai dengan kebutuhan Anda apakah bahan pakaian yang akan disetrika lebih baik disetrika menggunakan setrika uap atau setrika listrik. (Baca juga: Cara Menggunakan Setrika Uap)

2. Setrika Uap Otomatis

Seperti halnya setrika uap dwi fungsi, setrika uap otomatis juga memiliki bentuk atau desain yang serupa dengan kebanyakan setrika listrik namun fungsinya berbeda. Keuntungan dari setrika uap otomatis adalah Anda tidak perlu penyesuaian berarti ketika akan mengganti setrika listrik dengan setrika uap karena cara kerja setrika uap serta model dan desainnya hampir sama. Yang perlu Anda pelajari hanyalah bagaimana cara menggunakan setrika uap yang benar. Keuntungan lainnya adalah dengan meningkatkanya popularitas setrika uap di kalangan masyarakat, banyak merk elektronik berlomba-lomba mengeluarkan setrika uap dengan aneka fitur modern yang tentunya membuat kegiatan menyetrika menjadi jauh lebih mudah. (Baca Juga: Cara Kerja Setrika Listrik dengan Pengatur Suhu)

3. Setrika Uap Berdiri atau Gantung

Dibandingkan dengan model setrika uap dwi fungsi dan otomatis, setrika uap berdiri atau setrika uap gantung memiliki desain yang jauh sekali berbeda. Namun keuntungan dari jenis setrika uap ini adalah Anda tidak memerlukan meja setrika untuk menyetrika karena pakaian cukup digantung saja dan dalam waktu yang relatif lebih singkat, pakaian Anda akan terlihat rapi sempurna seperti disetrika oleh laundry-laundry professional. Setrika ini sangat cocok untuk pemakaian rumahan ataupun bisnis laundry. Tapi setrika uap jenis ini sangatlah mahal dan hanya dikeluarkan oleh beberapa merk ternama saja sehingga pilihannya sangat terbatas namun untuk jaminan kualitas tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sponsors Link

4. Setrika Uap Gas atau Boiler

Setrika uap gas atau boiler merupakan setrika untuk laundry yang biasanya digunakan oleh bisnis laundry skala menengah dan skala besar karena keuntungan dari setrika uap gas adalah nilai ekonomisnya dimana Anda akan sangat menghemat listrik ketika harus menyetrika tumpukan pakaian. Namun, ukuran tabung boilernya sangat tidak praktis untuk pemakaian rumah serta harganya yang relatif sangat mahal. (baca juga: Macam-macam Setrika Boiler, Cara Menggunakan Setrika Uap Gas)

5. Setrika Uap Portable

Setrika uap portable didesain khusus agar mudah untuk dibawa-bawa walaupun tidak semua merk setrika mengeluarkan jenis setrika portable yang bisanya digolongkan dalam jenis setrika untuk traveling. Keuntungan dari setrika ini adalah tentu saja desainnya yang ergonomis, ringan, muda dibawa dan tidak menambah beban bagasi Anda. Setrika uap jenis ini juga cocok untuk para remaja putri yang tinggal di kos-kosan. Saat ini terdapat beberapa merk yang mengeluarkan varian setrika mini yang bagus dengan fungsi yang serupa atau hampir sama. (baca juga: Setrika Uap Watt Rendah)

Dari kelima jenis setrika uap di atas, mana setrika uap yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget Anda. Setelah itu, Anda hanya tinggal memilih merk yang sesuai dengan keinginan Anda karena tentunya setiap merk setrikaan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing, namun secara umum semakin terkenal suatu merk semakin baik kualitasnya tapi semakin mahal juga harganya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: keunggulan, setrika uap