Lampu indikator setrika mati tidak selalu berarti setrika Anda rusak tapi jika lampu indikator rusak maka akan sulit bagi Anda untuk mengetahui kondisi setrika Anda yang sebenarnya. Salah satu penyebab yang sering terjadi ketika lampu indikator mati adalah putusnya bohlam lampu indikator itu sendiri tapi ketika setrika masih tetap panas dan dapat digunakan maka kebanyakan orang tidak terlalu ambil pusing. Tapi tahukan Anda bahwa lampu indikator memiliki banyak sekali fungsi penting terutama untuk jenis setrika listrik.

ads

Artikel Terkait:

Fungsi Utama Lampu Indikator

Jadi jangan dikira lampu indikator mati tapi setrika tetap panas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Justru sebaliknya banyak hal yang harus Anda khawatirkan dan mungkin itu bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan setrika dan berikut adalah beberapa fungsi utama lampu indikator yang wajib Anda ketahui.

  • Indikator bahwa unit setrika listrik otomatis sudah terhubung ke listrik. Ketika Anda akan menyetrika, yang pertama Anda cek adalah lampu indikatornya, jika menyala berarti listrik sudah terhubung. Tapi lampu indikator yang menyala juga bisa menjadi pengingat bahwa setrika Anda masih terhubung ke listrik ketika Anda sudah selesai menyetrika. Jika Anda lalai, bayangkan berapa lama setrika akan terus terhubung kelistrik karena Anda fikir Anda sudah mencabutnya padahal belum hanya karena lampu indikator tidak menyala.
  • Tentunya Anda tahu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu. Ketika lampu indikator menyala itu artinya suhu sedang naik dan mati ketika suhu sedang turun. Bayangkan jika tidak ada lampu indikator akan sulit bagi Anda untuk mengetahui kondisi suhu setrika yang sebenarnya.
  • Masalah lain yang dapat timbul ketika Anda tidak tahu suhu setrika yang sebenarnya adalah akan sulit bagi Anda untuk menyetrika jenis pakaian dengan bahan yang tidak tahan panas karena lampu indikator mati karena jika terlalu panas pakaian akan mengkilap dan kemungkinan terburuk bisa saja gosong dan lengket.

Artikel terkait:

Cara Memperbaiki Lampu Indikator Setrika Yang Mati

Jadi solusi terbaik yang harus Anda lakukan ketika lampu indikator setrika mati adalah segera menggantinya dan berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengganti lampu indikator setrika yang mati sendiri di rumah.

  1. Langkah pertama ini walaupun sepele tapi sangat penting untuk diingat yaitu memastikan bahwa setrika listrik otomatis Anda tidak terhubung dengan arus listrik.
  2. Selanjutnya buka bagian body setrika listrik Anda dengan hati-hati jika tidak ingin menyebabkan lebih banyak kerusakan pada komponen setrika listrik dan perhatikan bagian tempat lampu indikator dipasang.
  3. Sebelum mengganti lampu indikator ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu kondisi kabel yang menghubungkan lampu indikator apakah ada bagian yang terlepas, karena bisa saja lampu indikator tidak menyala dikarenakan ada bagian kabel yang terlepas.
  4. Jika memang tidak ada bagian kabel yang terlepas maka berarti kemungkinan besar adalah lampu indikatornya yang harus diganti.
  5. Lepaskan lampu indikator dangan lampu yang baru.
  6. Pasang kembali cover body setrika listrik kemudian hubungkan dengan arus listrik.
  7. Cek apakah lampu indikator menyala setelah diganti dengan lampu baru. Jika masih tetap tidak menyala berarti kemungkin besar yang menjadi masalah adalah kabelnya, yaitu kabelnya yang harus diganti dengan yang baru.

Artikel Terkait:

Jangan pernah anggap enteng lampur indikator setrika yang mati karena ternyata banyak sekali fungsi penting dan krusial dari sebuah lampu indikator setrika. Selain itu cara menggantinya juga tidak sulit dan harga lampunya juga tidak mahal bahkan seorang yang awampun bisa menggantinya sendiri.

Sponsors Link

Posted by · Tags: lampu indikator, setrika listrik