Lapisan anti lengket setrika memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting namun kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan betapa pentingnya fungsi lapisan anti lengket pada setrika. Semua komponen pada jenis setrika listrik mulai dari lapisan anti lengket sampai besi pemberatnya memiliki fungsinya masing-masing yang kalau tidak sedang dalam kondisi baik justru dapat mengurangi performa atau cara kerja setrika listrik itu sendiri.

ads

Artikel Terkait:

Apa Itu Lapisan Anti Lengket Setrika?

Jika Anda bertanya-tanya apa itu lapisan anti lengket setrika apakah memiliki fungsi atau dari jenis yang sama dengan lapisan anti lengket pada rice cooker atau peralatan masak pada umumnya yang jauh lebih dikenal dengan istilah teflon. Well, sebenarnya lapisan anti lengket yang ada pada setrika sama saja dengan lapisan anti lengket yang ada pada peralatan rumah tangga lainnya yaitu terbuat dari bahan kimia yang dikenal dengan istilah PTFE yang merupakan singkatan dari Polytetrafluoroethynlene. Fungsinya secara umum adalah agar ketika proses menyetrika berlangsung tidak lengket dan tidak kesat.

Fungsi Lapisan Anti Lengket Pada Setrika

Jika pada perlatan masak fungsi lapisan anti lengket atau teflon adalah agar bahan-bahan masakan tidak lengket di peralatan masak maka fungsi lapisan ini pada setrika juga hampir sama yaitu agar tidak mudah lengket. Untuk lebih jelasnya berikut adalah fungsi lapisan anti lengket pada setrika:

  • Dengan ada lapisan anti lengket pada bagian bawah setrika maka menyetrika menjadi lebih mudah terutama pada jenis pakaian yang susah licin serta banyak lipatan.
  • Lapisan anti lengket pada setrika juga dapat meminimalisasi kejadian gosong pada pakaian. Jika tanpa lapisan anti lengket pakaian akan lebih mudah gosong sementara dengan lapisan anti lengket maka kemungkinan pakaian akan terlebih dahulu mengkilap sebelum gosong.
  • Kalaupun setrika lengket dan gosong maka yang gosong atau lengket hanya pada bagian luar lapisan anti lengket setrika saja sehingga lebih mudah dibersihkan selama lapisan anti lengketnya tidak ikut tergores ketika proses membersihkannya oleh karena itu penting untuk mengetahui cara membersihkan setrika lengket dan gosong yang benar agar lapisan anti lengketnya juga tidak ikut tergores.

Artikel Terkait:

Pentingnya Menjaga Lapisan Anti Lengket Agar Awet

Masalah akan timbul jika lapisan anti lengket terkelupas karena proses menyetrika akan menjadi terganggu dimana karena permukannya yang tak lagi rata maka besar kemungkinan menyetrika seperti ‘seret’ atau seperti ada yang menempel pada permukaan setrika. Jika demikian selain menyetrika menjadi lama selesai kemungkinan serat-serat kain yang terlepas ikut menempel pada permukaan setrika juga besar sehingga akhirnya menyebabkan munculnya lapisan kerak pada permukaan setrika yang kalau terus dibiarkan kerak tersebut lama kelamaan akan menebal dan semakin sulit untuk dibersihkan. Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab kerusakan setrika karena tentunya pada akhirnya setrika tak lagi bisa digunakan.

Artikel terkait:

Pertanyaan berikutnya yang paling sering ditanyakan oleh para pengguna produk elektronik yang menggunakan lapisan anti lengket adalah apakah lapisan anti lengket pada setrika listrik otomatis berbahaya? Pada dasarnya bahan kimia PTFE tidaklah berbahaya jika digunakan sesuai fungsinya seperti pada setrika ini. Namun bahan kimia PTFE bisa berbahaya jika tertelan, masuk ke dalam tubuh dan masuk dalam sistem metabolism manusia. Oleh karena itu penggunaan peralatan masak dengan lapisan teflon yang salam memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk bisa masuk ke dalam tubuh tapi tidak pada setrikaan yang digunakan hanya untuk menyetrika pakaian, gorden, seprai dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: lapisan anti lengket, setrika listrik, teflon