Pengatur suhu setrika rusak bisa sangat menganggu karena tanpa pengatur suhu Anda akan sulit menyesuaikan suhu panas yang dibutuhkan ketika menyetrika karena kebutuhan panas setiap jenis bahan pakaian berbeda-beda. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa pengatur suhu pada setrikaan baik setrika listrik atau setrika uap memiliki fungsi yang sangat penting dan mempengaruhi hasil akhir dari proses menyetrika. (Baca Juga: Jenis Setrika Untuk Laundry)

ads

Apa itu pengatur suhu?

Pengatur suhu biasanya terdapat di setrika otomatis yang juga dikenal dengan sebutan thermostat. Saat ini semua jenis setrika terbaru akan dilengkapi dengan pengatur suhu sehingga ketika setrika sudah terlalu panas, pengatur suhu akan otomatis menurunkan suhu dan ketika suhu sudah terlalu rendah maka sebaliknya sistem pengatur suhu akan kembali meningkatkan suhu setrikaan. Teknologi ini lebih dikenal dengan teknologi bimetal. Namun, dengan adanya pengatur suhu, suhu setrikaan juga bisa diset sesuai dengan kebutuhan apakah ingin setrika berada suhu tinggi atau rendah.

Artikel Terkait:

Yang Terjadi Ketika Pengatur Suhu Rusak

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin saja terjadi ketika pengatur suhu pada setrikaan Anda rusak:

  • Setrika akan terus berada pada suhu tinggi dan kondisi ini akan cepat merusak elemen pemanas pada setrikaan.
  • Sulit mengatur suhu untuk menyetrika jenis pakaian dengan bahan tertentu sehingga ketika suhu ternyata tidak cocok atau terlalu tinggi dapat merusak pakaian Anda.
  • Begitu juga sebaliknya ketika ternyata suhu terlalu rendah proses menyetrika menjadi lebih lama karena panas yang dihasilkan tidak cukup untuk membuat pakaian rapi.

Artikel Terkait:

Penyebab pengatur suhu setrika rusak

Ketika pengatur suhu setrika rusak tentu saja ada penyebabnya namun penyebabnya bisa saja bermacam-macam berikut adalah beberapa hal yang mungkin saja menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya:

ads

1. Saklar pengatur suhu kotor

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, fungsi pengatur tombol pengatur suhu tidak lebih seperti saklar yang biasa digunakan untuk menghidupkan lampu. Ketika fungsi saklar terganggu karena bagian ‘mata-mata’-nya kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengatur suhu tidak dapat berfungsi. Kecuali ketika terjadi kerusakan pada sakelarnya. (baca juga: Cara Merawat Setrika agar Awet, Cara Menggunakan Setrika Laundry, Mesin Setrika Uap)

Solusinya:

Buka penutup setrika dan bersihkan bagian ‘mata-mata’ yang kotor karena debu yang menempel dengan kain bersih dan kalau yang rusak adalah sakelarnya, misalnya patah maka sakelarnya harus diganti dengan yang baru. (Baca Juga: Cara Membersihkan Setrika Lengket dan Berkerak , Setrika Listrik Tidak Panas)

2. Lampu Indikator Rusak

Jangan terkecoh hanya karena lampu indikator tidak menyala. Ini juga bisa menjadi salah satu orang menganggap bahwa pengatur suhu mereka rusak karena lampu tidak menyala padahal mungkin tidak ada masalah sama sekali dengan pengatur suhunya hanya lampunya saja yang rusak. (Baca Juga: Cara Menyetrika Gorden , Cara Setrika Baju Lengan Panjang)

Solusinya:
Ganti lampu yang rusak dengan yang baru.

3. Sistem pemanas rusak

Ini juga bisa menjadi penyebab yang mengecoh ketika sistem pemanas rusak dan setrika tidak panas orang akan segera mengira ada yang salah dengan pengatur suhunya. Ketika diatur pada suhu tinggi tapi tetap tidak panas, jangan langsung berfikir bahwa pengatur suhunya yang rusak bisa saja yang rusak adalah sistem pemanasnya. (Baca juga: Kelebihan Setrika Uap Sanken , Cara Kerja Setrika Listrik Dengan Pengatur Suhu)

Solusinya:

Segera ganti elemen pemanasnya yang mungkin saja sudah aus.

Artikel Terkait:

Saat ini dengan adanya pengatur suhu tentu saja proses menyetrika menjadi jauh lebih mudah. Anda bisa mengatur suhu setrikaan Anda sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jenis pakaian yang akan Anda setrika. Dengan begitu hasil akhirnya akan lebih rapi karena suhu yang digunakan cocok dan tentunya juga lebih cepat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: lampu indikator, pengatur suhu setrika rusak, setrika, setrika berpengatur suhu, setrika otomatis