Kita semua tahu bahwa setrika merupakan barang elektronik yang sangat dibutuhkan. penggunaan setrika semakin lama semakin meningkat seiring dengan kebutuhan menyetrika pakaian yang semakin membludak.

ads

Setrika terdiri dari berbagai macam komponen penting yang saling bekerjasama dalam menjalankan fungsinya. Setiap komponen tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri yang mana jika terjadi gangguan pada salah satu komponennya, maka berpotensi menyebabkan setrika tidak bsia bekerja dengan baik.

Salah satu komponen utama di dalam setrika adalah elemen pemanas. Fungsi dari elemen pemanas ini adalah untuk memanaskan setrika agar sesuai dengan suhu yang kita inginkan. Lalu bagaimana jika ternyata bagian inilah yang mengalami masalah?

Apa akibat yang ditimbulkan jika elemen pemanas rusak? Berikut ini kami sudah memiliki informasi penting tentang apa saja penyebab dari kerusakan elemen pemanas ini. Diharapkan setelah ini Anda bisa paham tentang apa yang harus dilakukan agar elemen pemanas setrika Anda tidak mengalami masalah yang sama.

1. Saklar pada pengatur suhu yang kotor

Penyebab pertama elemen pemanas rusak adalah dikarenakan adanya masalah pada saklar pengatur suhu. Perlu dipahami bahwa fungsi dari saklar pengatur suhu ini berbeda dengan fungsi saklar pada umumnya. Jika saklar kotor dan tetap dibiarkan, maka bisa berakibat fatal.

Masalah saklar pengatur suhu yang kotor ini menjadi sebuah masalah yang cukup umum. Banyak orang yang tidak memperhatikan perawatan setrikanya dan hanya menggunakan untuk menyetrika secara terus-menerus. Namun, penggunaan tanpa perawatan hanya akan menyebabkan masalah pada setrika.

Maka dari itu, pengguna harus secara rutin mengecek kondisi setrika, terutama bagian-bagian penting di dalam setrika. Dengan begitu, masalah elemen pemanas yang rusak atau bagian-bagian lain bisa dihindarkan.

2. Lampu indikator yang rusak

Penyebab yang kedua yang mengakibatkan elemen pemanas rusak adalah karena lampu indikator yang sudah rusak. Memang lampu indikator tidak bisa langsung dijadikan bukti bahwa setrika mengalami kerusakan yang parah.

Akan tetapi, bukan berarti ketika lampu indikator yang tidak menyala tetap dibiarkan dan menganggap semuanya baik-baik saja. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan sehingga ditemukan kesimpulan apakah hanya perlu mengganti lampu indikator atau malah melakukan perbaikan pada komponen yang lain.

3. Sistem pemanas yang sudah rusak

Penyebab elemen pemanas rusak yang terakhir adalah dikarenakanpermasalahan pada sistem pemanas itu sendiri. Mungkin untuk masalah ketiga ini menjadi masalah yang paling berat diantara masalah sebelumnya.

Ketika sistem pemanas rusak, maka kemungkinan besar setrika juga tidak akan panas. Meskipun nanti ternyata setrika bisa panas, namun untuk mencapai titik panas tersebut membutuhkan waktu yang lama sehingga akan membuang waktu Anda.

Lalu tindakan apa yang bisa Anda lakukan? Untuk mengatasi kendala ini, maka tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa setrika tersebut ke tempat servis. Di sana Anda bisa menceritakan tentang permasalahan yang terjadi.

Dengan begitu, setrika Anda menjadi normal kembali dan elemen pemanas sudah tidak lagi mengalami masalah yang malah akan merugikan diri Anda atau mungkin bisa orang lain juga.

Sponsors Link

Posted by · Tags: elemen setrika, panas setrika, setrika rusak