Penyebab kerusakan setrika disebabkan oleh dua faktor utama yaitu kerusakaan disebabkan karena faktor alami seperti usia setrikaan, lempengan yang sudah aus dan sebagainya namun yang paling sering menjadi penyebabnya adalah justru faktor eksternal seperti kesalahan saat penggunaan, setrika tidak dirawat dengan baik, setrika rusak secara fisik karena kelalaian si pengguna dan masih banyak lagi. Saat setrika sudah rusak barulah mulai bertanya-tanya ‘salahnya dimana?’ atau ‘apa yang harus dilakukan?’ Cara paling mudah tentunya membawanya ketukang reparasi atau membeli yang baru tapi tidak ada salahnya juga sebagai pengguna kita bisa belajar untuk memperbaiki setrika namun tentu saja kita harus tau dulu apa penyebab utama kerusakaan pada setrika baru bisa kita carikan solusi yang tepat karena ternyata jenis kerusakaan pada setrika pun ada banyak.

ads

Artikel terkait:

1. Ketika Setrika Mati Total

Mati total artinya setrika tidak hanya tidak panas tapi lampu indikator juga tidak menyala. Hal utama yang dapat menyebabkan kondisi ini adanya gangguan pada penghubung arus listriknya. Jangan buru-buru membongkar setrika Anda karena bisa jadi masalah utamanya justru pada stop contact milik Anda. Jika stop contact tidak masalah barulah boleh memeriksa kondisi setrikaan. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena kabel penghubung arus putus atau terjadi gangguan sehingga arus listrik tidak mengalir. Cari tahu kabel yang mana yang putus kemudian bisa disambung secara manual dengan menggunakan isolasi. (Baca juga: cara menggunakan setrika laundry, macam setrika boiler, setrika uap watt kecil)

2. Ketika Setrika Tidak Panas atau Terlalu Panas

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada mesin setrika otomatis yang ditandai dengan lampu indikator yang menyala yang menandakan bahwa arus listrik sudah mengalir namun setrika tetap tidak panas atau justru terlalu panas sehingga sulit untuk menyetrika dan dapat merusak pakaian tentunya. Saat ini produk setrika listrik sudah dilengkapi dengan teknologi bimetal sehingga seharusnya masalah seperti setrika tidak panas dan terlalu panas tidak akan terjadi kalau tidak ada kerusakan. Dengan kata lain jika terjadi hal seperti ini berarti ada yang salah dengan sistem pengatur suhu otomatis setrika. Ataupun ketiak setrika listrik tidak panas bisa juga yang bermasalah ada lempengan pengantar panasnya yang sudah aus sehingga harus diganti. Mengganti lempeng pemanas bisa Anda lakukan sendiri di rumah hanya tinggal membeli lempengan pengganti yang banyak dijual di toko peralatan listrik, hanya saja pastikan ukurannya harus sama persis.

Sponsors Link

3. Setrika Tidak dapat Melicinkan Pakaian

Panas setrika sudah bagus namun sulit untuk membuat pakaian licin sempurna yang biasanya dikarenakan tapak besi setrikaan yang berfungsi untuk meluruskan serat-serat benang yang rusak tidak lagi berfungsi dengan baik. Hal ini biasanya disebabkan ada bagian-bagian yang mengelupas yang tentunya dapat merusak pakaian. Jika hal ini terjadi sebaiknya jangan diperbaiki tapi segeralah mengganti setrika. Sebagai catatan, hal ini jarang sekali terjadi para setrika keluaran merk terkenal namun demikian Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat setrika agar awet dan dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama.

Artikel Terkait:

Sebenarnya, setrika baik keluaran merk terkenal ataupun tidak semuanya tergantung bagaimana Anda menggunakan dan melakukan perawatan pada setrikaan. Selain itu cara membersihkan setrikaan dan menyimpannya ketika sudah selesai digunakan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi setrika. Sebaiknya setelah digunakan segera cabut dari arus listrik dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disimpan. Menyimpannya di dalam kotak juga lebih baik atau di dalam lemari agar tidak dihinggapi debu karena ternyata debu juga dapat menempel pada alat pengatur setrikaan sehingga membuat alat pengatur suhu setrika rusak dan setrika tidak panas ataupun justru sebaliknya yaitu terlalu panas.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika mati total, setrika otomatis, setrika rusak, setrika terlalu panas, setrika tidak panas