Penyebab setrika meledak ada banyak namun tentunya Anda tahu bahaya yang mungkin saya menimpa Anda ketika setrika meledak. Hal ini bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele karena jika hal ini pernah terjadi sebelumnya itu berarti ada yang salah dengan cara Anda menggunakan setrika. Mengetahui cara menyetrika yang benar juga dapat membantu Anda meminimalisir risiko yang mungkin dapat ditimbulkan oleh beberapa perlatan elektronik dan setrika adalah salah satu alat elektronik yang paling sering digunakan di skala rumah tangga.

ads

Penyebab Setrika Meledak

Sebelum Anda mengetahui beberapa hal yang mungkin saja dapat menyebabkan setrika meledak Anda harus tahu dulu jenis setrika listrik milik Anda karena saat ini terdapat banyak sekali jenis setrikaan mulai dari setrika listrik biasa, setrika listrik otomatis, setrika uap dan termasuk juga macam-macam setrika boiler yang biasanya digunakan dalam bisnis laundry. Setiap jenis setrika tersebut memiliki risikonya masing-masing dan salah satunya adalah risiko meledak. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab setrika meledak.

  1. Biasanya penyebab kerusakan setrika paling banyak adalah pada pengatur suhunya dimana ketika pengatur suhu setrika rusak, unit setrikaan akan kesulitan dalam mengatur tinggi rendahnya suhu dan ketika suhu menjadi terlalu panas, sistem konduktor pada mesin setrika otomatis tidak akan dapat berfungsi dengan optimal dan jika hal ini terjadi maka Anda harus mencari tahu cara memperbaiki setrika terlalu panas sesuai dengan jenis kerusakan setrika listrik yang setrika Anda alami.
  2. Selain itu cara kerja setrika tidak akan optimal jika tidak mendapatkan arus listrik yang stabil. Well, tahukan Anda kondisi arus listrik di rumah Anda juga merupakan salah satu penyebab utama setrika Anda bisa meledak. Ketika arus listrik di rumah Anda tidak stabil tentunya dapat berpengaruh pada kinerja setrika Anda jadi jika hal ini pernah terjadi sebelumnya maka mungkin yang harus Anda periksa adalah kondisi arus listrik di rumah Anda dan segera laporkan kepada pihak terkait.
  3. Cara merawat setrika agar awet tak hanya membantu Anda menjaga kondisi setrika Anda selalu dalam keadaan baik tapi juga dapat menurunkan risiko setrika rusak dan setrika meledak bisa menjadi salah satu akibat yang sangat berbahaya. Jadi Anda jangan hanya tahu bagaimana cara membersihkan setrikaan lengket dan berkerak saja tapi juga Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan komponen dalam bodi setrikaan karena biasanya debu yang menumpuk dapat menyebabkan beberapa komponen mudah berkarat dan akhirnya merusak komponen lainnya.

Jangan terkecoh pada kondisi setrika listrik tidak panas dimana kebanyakan orang menganggap bahwa listrik sedang terputus atau sedang mati. Selalu periksa lampu indikator setrikaan, biasanya jika lampu indikator menyala menandakan selalu ada arus listrik yang mengalir ke dalam setrikaan namun tentunya penyebab utama mengapa setrika tidak panas itu yang harus ditemukan seperti mencari tahu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu atau cara kerja setrika termodinamika yang bisa saja menjadi penyebab utamanya. Namun tentunya sebelum Anda melakukan pemeriksaan selalu cabut kabel listrik setrikaan dari soket listrik karena kalau tidak bisa saja terjadi arus pendek yang akhirnya dapat menyebabkan setrika meledak yang nantinya justru dapat berakibat sangat fatal. Jadi selalu waspada walaupun seumur hidup Anda sudah menggunakan setrikaan dan kemungkinan setrika meledak sangat kecil sekali terjadi tapi Anda tidak pernah tahu bahwa kesalahan kecil saja bisa menyebabkan setrika meledak.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika listrik, setrika meledak, setrika rusak