Setrika merupakan barang elektronik yang sekarang penggunannya sudah tidak terelakkan lagi. Artinya, hampir semua orang yang ada di dunia ini menggunakan setrika.

ads

Penggunaan setrika yang semakin banyak tersebut juga diimbangi dengan perkembangan dari setrika itu sendiri. Dibandingkan dengan ketika pertama kali setrika diperkenalkan. Sekarang setrika sudah jauh berkembang lebih baik, lebih efisien, lebih canggih, dan berbagai kelebihan lainnya.

Sementara untuk setrika jaman dahulu lebih dijadikan sebagai koleksi untuk mengenang tentang perkembangan setrika dari masa ke masa. Di bawah ini akan kami informasikan tentang perbedaan apa saja yang dimiliki antara setrika jaman dahulu dengan zaman sekarang.

1. Bentuk

Perbedaan pertama dari dua setrika yang berasal dari era yang berbeda ini adalah tentang bentuknya. Jika Anda perhatikan bahwa setrika jaman dahulu memiliki bentuk yang lebih besar. Memang hal ini bukan hal yang salah mengingat kecanggihan teknologi zaman dahulu tidak selengkap dan secanggih zaman sekarang.

Maka jika dibandingkan dengan setrika jaman sekarang. Maka bentuknya sudah jelas berbeda dimana setrika jaman sekarang memiliki bentuk yang lebih kecil. Bahkan ada beberapa setrika yang mungkin Anda tidak pernah terpikir bentuknya bisa sekecil itu. Salah satunya adalah setrika kecil untuk keperluan travelling.

Bagi Anda yang hobi berlibur biasanya akan direpotkan dengan ukuran setrika. Namun dengan memiliki setrika yang ukurannya kecil tersebut. Anda bisa langsung menyimpannya dalam tas dan tidak akan memakan banyak tempat.

2. Sumber tenaga

Pembahasan yang kedua adalah tentang sumber tenaga dari setrika tersebut. Apakah Anda masih ingat setrika jaman dahulu yang bahan bakarnya dar arang? Setrika tersebut bukan hanya memiliki ukuran yang besar, melainkan juga bahan bakar atau sumber tenaganya yang cukup unik.

Anda harus menyiapkan arang yang sudah panas dan kemudian Anda masukkan ke dalam setrika. Setelah itu, baru Anda bisa menyetrika pakaian Anda. Lalu bagaimana dengan setrika jaman sekarang? Setrika sekarang sudah menggunakan beragam sumber tenaga.

Jika dahulu ada setrika yang memanfaatkan energi listrik. Maka sekarang sduah ada setrika yang menggunakan energi uap yang dinamakan sebagai setrika uap.

3. Tingkat kepanasan

Perbedaan antara setrika jaman dahulu dan sekarang adalah tentang tingkat kepanasan. Dikarenakan sumber tenaga atau bahan bakarnya tidak sama. Maka panas yang dihasilkannya pun juga tidak sama.

Untuk setrika jaman dahulu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa benar-benar panas. Ketika panas pun juga panasnya tidak akan sama dengan setrika jaman sekarang. Belum lagi waktu untuk menunggu setrika jaman sekarang panas juga tidak terlalu lama sehingga waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

4. Teknologi

Perbedaan setrika jaman dulu dan zaman sekarang yang terakhir adalah mengenai teknologi yang digunakan. Setrika jaman dahulu bisa dikatakan tidak memiliki teknologi apapun.

Namun setrika jaman sekarang sudah dilengkapi  dengan beragam teknologi atau fitur yang canggih.  Hal ini membantu dalam menghasilkan pakaian yang benar-benar lembut secara merata.

Demikian informasi dari kami. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: merk setrika, perbedaan setrika