Perbedaan setrika uap dan setrika listrik sebenarnya sangat mendasar namun tetap saja masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan paling signifikan dari kedua jenis setrika listrik dan setrika uap tersebut. Sebenarnya tidak salah juga bertanya-tanya karena setrika merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling sering digunakan dan memiliki fungsi yang benar-benar penting, jadi memilih jenis setrika yang tepat sudah semestinya dilakukan.

ads

Apa Itu Setrika Listrik?

Saat ini istilah setrika listrik lebih dikenal sebagai setrika listrik otomatis karena memang awalnya setrika diciptakan agar menghasilkan panas agar dapat membantu meluruskan serat-serat pakaian yang kusut. Namun seiring perkembangan teknologi, diciptakanlah setrika listrik otomatis dimana cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu  ini membuat proses menyetrika menjadi jauh lebih mudah. Setrika yang awalnya hanya menawarkan panas saja kemudian bisa diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan karena memang tidak semua jenis pakaian tahan pada suhu tinggi lagi pula setrika yang suhunya terus menerus naik juga merupakan salah satu penyebab kerusakan setrika yang paling utama.

Apa Itu Setrika Uap?

Setrika uap adalah jenis setrika listrik yang menggunakan teknologi uap panas untuk membantu meluruskan serat-serat kain yang kusut. Terdapat beberapa jenis setrika uap, yaitu setrika uap berdiri atau setrika uap gantung dimana Anda tidak memerlukan meja setrika ketika proses menyetrika dilakukan. Namun ada juga jenis atau macam-macam setrika boiler yang biasanya digunakan sebagai jenis setrika untuk laundry karena jenis setrika ini tidak menggunakan listrik tapi menggunakan gas sebagai sumber energinya.

Perbedaan Setrika Uap dan Setrika Listrik

Secara garis beras berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara setrika uap dan setrika listrik.

  • Untuk meluruskan serat pakaian, setrika uap memanfaatkan uap panas pada setrika sementara setrika listrik membutuhkan besi lempeng yang mengalirkan panas ke serat pakaian.
  • Untuk menyetrika menggunakan setrika uap, Anda tidak perlu meja setrika sementara ketika setrika listrik, Anda setidaknya perlu meja atau alas untuk menyetrika baju.
  • Ketika menyetrika dengan setrika uap, tidak diperlukan tenaga untuk menekan pakaian tapi kadang kala cara menyetrika baju yang mudah kusut harus sedikit ditekan agar hasilnya maksimal.
  • Hasil setrikaan menggunakan setrika uap akan lebih lembab jadi harus dianginkan terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam lemari sementara setrika listrik tidak.
  • Keuntungan setrika uap adalah setrika jenis ini cocok untuk semua jenis pakaian bahkan yang paling sensitif terhadap panas sekalipun seperti pakaian berbahan brokat sementara tidak semua jenis pakaian bisa disetrika menggunakan setrika listrik.
  • Dari segi teknologi setrika uap memang lebih maju dibandingkan dengan setrika listrik, oleh karena itu tidak heran jika harga setrika uap memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga setrika listrik.

Artikel Terkait:

Jika dari segi perawatan, baik setrika uap atau setrika listrik sama-sama mudah. Cara merawat setrika agar awet perlu dilakukan secara rutin karena Anda tidak akan pernah tahu kapan setrikaan Anda menjadi lengket dan berkerak. Cara membersihkan setrika lengket dan berkerak hampir sama saja baik setrika uap dan setrika listrik namun setrika uap sedikit ekstra karena dibagian bawahnya terdapat lubang-lubang tempat untuk mengalirkan uap sementara setrika listrik tidak. Pada lubang-lubang tersebut juga harus dibersihkan secara rutin karena kalau tidak penguapan tidak akan maksimal. Namun beberapa jenis setrika uap juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang akan memberitahukan penggunanya kapan setrikaan perlu untuk dibersihkan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika listrik, setrika uap