Setrika adalah alat yang digunakan untuk melicinkan kain yang kusut , cara menggunakan alat ini adalah dengan dipanaskan dan kemudian digosokkan ke kain atau baju agar serat kain dan baju tersebut lurus. Cara pemanasannya beragam ada dengan arang, listrik dan gas. (baca juga : cara menggunakan setrika arangjenis setrika listrik)

ads

Dulu orang memanaskan setrika dengan arang, sebelum menyetrika orang akan membakar tempurung atau sejenisnya hingga menjadi arang yang panas lalu dimasukan dalam setrika yang telah di rancang kusus untuk menampung arang panas. Setelah itu arang pun mengalirkan panas nya pada setrika yang terbuat dari besi.  setrika pun bisa digunakan pada permukaan baju atau kain yang kusut hingga menjadi rapi. Setrika ini tidak hanya panas namun juga berat. Sehingga menyetrika sangat melelahkan.

Baca juga :

Setelah itu, seiring dengan kemajuan teknologi. listrik sudah masuk keseluruh pelosok maka orang pun beralih pada setrika listrik pekerjaan menyetrika semakin mudah dan cepat. karena tidak perlu lagi membakar arang.  sekali di colokan maka setrika pun akan panas dalam beberapa menit  dan bisa lansung digunakan. Namun setrika listrik ternyata juga masih banyak kekurangannya.  karena jika penggunanya lupa untuk mengatur temperatur  maka setrika ini pun bisa merusak pakaian.(baca juga : mesin setrika uapcara kerja setrika arang, uap, dan listrik)

Setelah itu hadirlah terobosan baru, yang tentunya lebih memudahkan orang dalam merapikan pakaian. yaitu setrika listrik otomatis. Setrika ini menjawab keluhan terhadap setrika listrik lama yang tidak akan membuat baju terbakar jika pemilik nya lupa untuk mengatur suhunya. (Baca Juga: Cara Setrika Bahan Polyester , Cara Menyetrika Gorden)

Sponsors Link

Terdapat beragam merk dan model serta harga dari setrika listrik otomatis ini, tergantung dari masing-masing produk. Setiap produk ada kelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh; tinggi rendah nya daya yang digunakanbisa membuat setrika lebih mahal dan lebih murah. Namun ada juga setrika low watt dengan harga yang terjangkau. (baca juga : setrika boilersetrika uap oxone)

Cara kerja setrika uap otomatis

Setrika listrik otomatis memiliki beberapa bagian yang kemudian elemen ini lah yang akan menjelaskan tentang bagaimana setrika listrik otomatis bekerja.

1. Elemen pemanas

Elemen ini berfungsi untuk mengaliri panas pada setrika. Elemen ini dibuat dari nikelin yang dililitkan pada lembaran mika,  elemen ini berbentuk pipih. (Baca Juga: Cara Menyetrika Seprai , Cara Menyetrika Cepat)

2. Alas atau besi pengumpul panas

Fungsi dari alas tidak hanya meratakan permukaan kain namun sebagai pengumpul panas, bentuknya rata, licin dan dilapisi oleh anti lengket dan anti karat. (Baca Juga: Setrika Uap Tobi , Setrika Uap Murah Watt Kecil)

3. Tutup setrika

Berfungsi sebagai pelindung dari komponen dalam yang dialiri panas tadi, selain itu tutup setrika berfungsi untuk melindungi panas agar tidak lepas keluar. (Baca Juga: Cara Kerja Setrika Listrik , Jenis Setrika Uap Oxone)

4. Gagang setrika

Fungsi nya sebagai pegangan untuk menyetrika yang  terbuat dari bahan yang tidak dialiri panas agar aman dan melindungi tangan.

Sponsors Link

5. Terminal dan kabel penghubung

Berfungsi menghubungkan rangkaian kabel dalam setrika sebagai sumber tegangan dalam penghubung. (Baca Juga: Macam Setrika Cosmos , Jenis Setrika Miyako)

6. Pengatur panas

Setrika listrik otomatis dilengkapi dengan thermostat yang terbuat dari bahan bimetal, berupa lempengan dari lempeng dua logam yang berbeda pada koefesien muai panjangnya jika lempeng terkena panas maka salah satu dari lempeng yang menyatu tadi akan memuai terlebih dulu dan mengarah pada kontak.  sehingga jika panas berlebih maka kontak akan memutus panas secara otomatis dan jika panas turun maka kontak akan terhubung kembali pada elemen pemanas. (Baca Juga: Cara Merawat Setrika Agar Awet , Setrika Untuk Laundry)

Kelebihan dan kekurangan setrika listrik otomatis

Dengan system penurun panas otomastis tersebut setrika ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada baju dibanding setrika biasa. (baca juga :mesin setrika otomatis , Jual Setrika Uap Gas)

Sedangkan kekurangan setrika listrik otomatisini adalah alat ini masih termasuk setrika konvensional  jika dibanding setrika uap, setrika uap gantung maka alat ini masih tertinggal dalam segi waktu dan tenaga serta fungsinya yang terbatas untuk sekedar merapikan pakaian saja. (Baca Juga: Cara Menyetrika Baju Yang Susah Licin , Cara Menyetrika yang Benar)

Demikianlah ulasan tentang setrika listrik otomatis semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: alat pemanas, cara kerja, elektronik, kelemahan setrika, keunggulan setrika, setrika listrik, setrika listrik otomatis