Setrika uap gas merupakan salah satu jenis setrika yang menggunakan sumber selain listrik. Jika selama ini anda mungkin tidak aneh dengan setrika kering atau dry iron yang bentuknya simpel dan memiliki kegunaan untuk menyetrika untuk melicinkan pakaian. Nah kali ini ternyata beberapa laundry yang memiliki setrikaan setumpuk memiliki jenis setrika uap gas, apa itu ?

ads

Baca Juga:

Pengertian Setrika Uap Gas

Setrika uap gas adalah setrika yang memanfaatkan panas kompor atau api dan disambungkan ke gas atau LPG. Setrika ini ternyata lebih sering disebut setrika uap boiler dan diklaim sebagai ciptaan anak bangsa. Tentu saja untuk beberapa laundry lebih menyukai setrika ini.

Baca juga :

Sponsors Link

Kelebihan Setrika Uap

Adapun setrika uap memiliki kelebihan :

  • Hasil setrikaan rapih dan licin
  • Proses penyetrikaan cepat sekali karena dari panas kompor dan cepat
  • Tidak perlu khawatir akan listrik, tunggakan bayaran, mati lampu dll
  • Dapat menghambat kelunturan sablon dan tidak merusak kaos karena menggunakan uap
  • Lebih awet dan juga tahan lama penggunannya. (Baca Juga: Setrika Uap Murah Watt Kecil , Jenis Setrika Uap untuk Laundry)

Kekurangan Setrika Uap

Adapun setrika uap gas memiliki kekurangan yakni :

  • Harganya yang mahal, tentu saja karena membutuhkan mesin yang berbeda dan lebih rumit. (Baca Juga: Jenis Setrika Uap Panasonic , Jenis Setrika Philips)
  • Memerlukan instalasi sambungan baik pada gas atau listrik. Untuk jenis ini menggunakan gas
  • Tergantung pada harga gas, maka untuk usaha anda tidak bisa memprediksi pasti uang yang habis untuk modal
  • Harus selalu diperhatikan temperatur panasnya.
  • Terganggu produktifitasnya jika gas yang menjadi bahan utama tidak ada (Baca Juga: Cara Menyetrika Celana , Cara Menyetrika Jersey)
  • Pakaian harus menunggu kering, jadi untuk pakaian yang semi agak basah jangan disetrika menggunakan uap ini
  • Anda harus menggunakan air yang bersih untuk memanfaatkan setrika uap gas karena jika menggunakan air bersifat asam akan berbahaya untuk setrika uap (Baca Juga : Mesin Setrika Uap , jenis setrika miyako)

Cara Menggunakan Setrika Uap Gas

  1. Pertama buka seluruh keran input dan corong serta terdapat di bagian sisi atas boiler pada setrika tersebut agar udara didalam tabung keluar dua arah. Sehinga mudah untuk mengisi airnya. (baca juga :cara merawat setrika agar awetjenis setrika yang digunakan laundry)
  2. Lalu masukan air kedalam tabung setrika sesuai kebutuhan melalui keran corong yang tersedia 
    Sponsors Link

  3. Sampai air dalam tabung terlihat di gelas ukur dan dirasa cukup, gelas ukur terdapat di sisi samping boiler.
  4. Kemudian tutup semua keran input dan corong agar proses pemanasan dalam tabung tidak bocor keluar. Ini sangat penting sehingga perhatikan step by step nya.
  5. Setelah itu pasang regulator ke gas LPG layaknya kompor (untuk setrika uap gas yang umum menggunakan LPG) kemudian tekan lalu putar ke kiri, untuk memulai pemanasan pastikan api dalam keadaan menyala. (Baca Juga: Setrika Listrik Low Watt , Setrika Listrik Otomatis)
  6. Anometer atau pengukur awal pemanasan akan menunjukan angka 0 Psi yang artinya tidak ada panas atau uap. Setelah itu jika anometer ke angka 25-30 psi menunjukan setrika sudah siap digunakan. Selalu kontrol panas jangan lebih dari 50 psi. Jika sudah menunjukan angka 50 baiknya keran output dibuka agar mengurangi tekanan dalam boiler dan tidak berbahaya.
  7. Keran input yang ada di selangpun ikut dibuka. Lalu putar sedikit keran pada tuas setrika ke arah depan untuk membuka output kemudian akan keluar percikan air dan uap, jika keran output tidak terbuka efeknya alas setrika uap mengeluarkan air bukan uap.
  8. Terakhir anda sudah bisa menggunakan setrika tersebut. (Baca Juga : Cara Kerja Setrika ,  macam-macam setrika cosmos )

Sponsors Link

Posted by · Tags: review produk, setrika, setrika uap, setrika uap boiler, setrika uap gas