Sudah bukan menjadi rahasia perusahaan, jika setiap jasa laundry professional selalu memiliki mesin cuci dan penyetrika tertentu yang harganya mahal dan sangat jarang dimiliki oleh rumah tangga. Itulah kunci kesuksesan usaha laundry agar terus dilirik oleh orang yang membutuhkan jasanya. Hasil mesin yang wangi, rapi, dan bersih akan menjadi prioritas para pelanggan dibandingkan harga yang harus mereka keluarkan. Apalagi jika ditambah dengan pelayanan ramah dan cepat. Pelanggan tidak akan berpikir panjang untuk terus menyerahkan pakaiannya ke jasa laundry tersebut.

ads

Selain proses mencuci baju atau kain, jasa laundry biasanya juga menyediakan jasa menyetrika. Bagi para pengusaha laundry yang sudah memiliki banyak klien dalam bentuk jaringan bisnis, akan sangat berat memenuhi permintaan pasar tanpa bantuan mesin. Secara ekonomis dan logika, pekerjaan padat karya dengan padat modal lebih menguntungkan padat modal. Namun sebagai pengusaha, kita dituntut bijak dan peduli dengan lingkungan. Alasan inilah yang kemudian mempengaruhi pula perkembangan usaha laundry rumahan yang berkembang pesat. Mereka masih memanfaatkan tenaga manusia sebagai operator mesin-mesin laundry.

Artikel Terkait :

Di antara sekian banyak jenis mesin laundry, setrika uap menjadi salah satu jenis mesin paling tersohor. Keberadaan setrika uap sebenarnya sudah mulai dimiliki beberapa rumah tangga kelas menengah atas, namun laundry menjadi tempat pasti keberadaannya. Mesin setrika uap adalah setrika yang dapat menghasilkan panas sekaligus uap yang dihasilkan oleh air di dalam mesin. Air setrika uap akan mendidih dan kemudian menghasilkan uap hangat yang dimanfaatkan untuk merapikan kusut pada pakaian. Rumah tangga kecil biasanya membeli setrika uap yang bentuknya portable (jinjing) karena memang pemakaiannya skala kecil saja.

Berbeda kondisinya jika usaha laundry yang memanfaatkan setrika uap. Jenis portable biasa tidak akan cukup untuk merapikan seluruh baju milik pelanggan. Padahal biasanya, para pelanggan menerapkan deadline tertentu dengan upah seimbang. Kepercayaan menjadi tonggak para pengusaha untuk terus menghasilkan aliran rupiah. Sayangnya, keuntungan ini tidak akan dapat diraih tanpa hasil kerja disiplin waktu.

Jenis Setrika Uap untuk Laundry

Untuk membantu para pengusaha laundry memenuhi pesanannya agar tepat waktu namun hasil pekerjaannya berkualitas, mereka menaruh beberapa jenis setrika uap yang memang diciptakan untuk penggunaan skala sedang sampai besar. Berikut adalah jenis setrika uap yang digunakan pada jasa laundry.

  1. Setrika Uap Portable

Meskipun hanya mampu mengerjakan setrikaan dalam skala rumah tangga, setrika uap portable selalu memiliki keistimewaan tersendiri. Beberapa jenis usaha laundry yang masih baru atau dalam taraf pengembangan akan memilih setrika uap jenis ini.

Baca juga :

Setrika uap portable memang murah dan mudah digunakan. Setrika ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp. 150.000 – Rp. 350.000 saja. Kemampuannya tentu di atas setrika listrik portable biasa. Setrika uap jenis ini memiliki bentuk sama seperti setrika listrik otomatis. Hanya saja setrika ini memiliki lubang uap yang menjadi jalan keluarnya uap air agar tersemprot merata ke atas kain pakaian demi hasil yang maksimal.

Setrika uap jenis apapun, termasuk jenis portable ini dapat meningkatkan lama waktu pengerjaan baju hingga tiga kali lipat lebih cepat. Kabelnya pun cenderung lebih panjang dibanding setrika listrik tanpa uap. Ia juga berkapasitas untuk meratakan kain baju dengan fasilitas spray-nya.

Sponsors Link

  1. Setrika Uap Boiler

Setrika uap boiler pada dasarnya masih sama dengan setrika uap biasa. Yang menjadi titik mencolok perbedaannya adalah sumber tenaga yang digunakan. Setrika uap boiler bertumpu pada gas LPG, sementara setrika uap listrik menjadikan listrik sebagai pusat tenaganya.

Komponennya lebih kompleks dibandingkan setrika uap portable. Ada selang, kompor, regulator dan kepala setrika. Hampir sama dengan kompor gas bukan ? ya karena setrika boiler ini memang dihubungkan langsung dengan gas LPG dalam bentuk tabung. Sama seperti kompor yang bersumbu pada gas elpiji.

Mesin setrika uap boiler kebanyakan dipakai oleh para pengusaha laundry yang sudah besar. Harga pembeliannya saja dapat menembus angka 4 juta ke atas. Bagaimana mungkin seorang pengusaha laundry yang masih merintis langsung berani mengeluarkan modal sebanyak itu sementara pasar belum memberikan jaminan kembalinya modal.

Baca juga :

Mesin setrika uap boiler memiliki beberapa keunggulan yang tidak dapat disamai oleh jenis mesin setrika laundry manapun. Yang utama dan pertama adalah kehematan listriknya. Dalam rangka mendukung gerakan hemat listrik, tindakan para pengusaha laundry yang setiap hari harus menyedot listrik untuk merapikan baju para pelanggannya dengan membeli setrika uap boiler ini sudah tepat. Setrika ini akan tetap bekerja tanpa listrik. Dan karena hanya menggunakan LPG, pengeluarannya pun sudah sangat hemat.

Setrika boiler ini dapat terus bekerja tanpa henti hingga 5 jam atau lebih. Kemampuan ini menjadi setimpal dengan harganya yang meroket. Selain itu, setrika uap boiler ini dapat menampung pakaian dengan berat puluhan kilogram. Yang berarti akan membantu pekerjaan anda agar cepat selesai dalam waktu singkat.

Sebelum menyetrika, setrika uap boiler harus dipanaskan selama beberapa waktu. Lamanya waktu pemanasan awal ditentukan dari type yang dibeli. Semakin berkelas mesinnya, semakin singkat waktu tunggu pemanasannya namun semakin panjang waktu aktif menyetrikanya.

Uniknya lagi, setrika uap boiler memiliki lebih dari satu kepala setrika. Sehingga anda dapat semakin mempersingkat waktu penyetrikaan agar lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan.

Sponsors Link

  1. Setrika Uap Tinggi

Disebut setrika uap tinggi karena desain setrika dibuat tinggi – tegak. Sangat berbeda dengan desain setrika uap boiler maupun setrika uap biasa. Setrika uap model ini memang digunakan sebagai alat penyetrika kain-kain lebar. Jika anda memiliki kewajiban merapikan seprai atau gorden, anda tidak perlu repot mencari cara menyetrika seprai dan cara menyetrika gorden. Anda hanya perlu membawa kain anda ke pusat laundry. (Baca juga : Cara Kerja Setrika)

Pusat laundry professional pasti memiliki alat ini. Bentuknya seperti setrika pada umumnya, namun dilengkapi dengan gantungan baju serta gagang tinggi sebagai pegangan. Ternyata selain dapat membereskan seprai dan gorden, setrika jenis inilah yang biasanya menyelesaikan tugas menyetrika karpet, kasur dan beberapa jenis kain yang berukuran lebar.

Karena diperuntukkan kain lebar, gagang setrika ini dapat disesuaikan dengan tinggi penyetrika. Hal ini bertujuan agar proses penyetrikaan lebih mudah, tidak menyebabkan mudah capek atau pegal akibat ribetnya menyetrika kain berukuran lebar. Di luar itu semua, setrika uap ini tetap berkemampuan menyemprotkan uap secara merata sebagaimana jenis setrika uap yang lain.

Sponsors Link

Posted by · Tags: jenis setrika, laundry, setrika, usaha laundry