Musim hujan telah tiba walau agak terlambat dari waktu perkiraan saat musim hujan di Indonesia yaitu bulan September, namun hujan yang ditunggu-tunggu terutama didaerah yang sudah mengalami kekeringan, akhirnya datang juga di pertengahan hingga akhir Oktober. Namun dibalik anugerah air yang berlimpah, ada beberapa hal kecil yang sering menjadi masalah bagi ibu-ibu rumah tangga.

ads

Cucian! ya, masalah ini pasti menjadi masalah utama rumah tangga di musim hujan. Selain pakaian yang tambah kotor karena terciprat air hujan juga cucian yang tidak kering akan menimbulkan bau apek. Wah bagaimana cara menghindarinya ya? Nah berikut kami berikan tips agar baju tidak apek saat musim hujan.

  • Jangan Menumpuk Pakaian Basah

Ketika anda atau anak anda pulang dengan pakaian basah, segera bilas kotoran yang menempel. Gantung pakaian basah, jangan sekali-sekali langsung dimasukkan ke dalam tempat cucian. Jika anda ingin mencucinya langsung itu lebih bagus, namun jika anda berencana mencucinya besok pagi, pakaian-pakaian basah tersebut bisa anda rendam dengan menggunakan air bersih saja. Pakaian basah yang disimpan lama akan berpotensi menimbulkan jamur (bintik-bintik hitam) yang tentu akan merusak pakaian anda.

  • Mencuci Dengan Menggunakan Pewangi

Cucilah pakaian-pakaian seperti biasa. Jika anda tidak mempunyai mesin cuci, pada saat proses pengeringan peras pakaian dengan lembut namun maksimal. Kibas-kibaskan pakaian anda agar air yang terkandung dalam pakaian berkurang. Jika anda mempunyai mesin cuci tentu proses pengeringan lebih mudah. Gunakan metode pengeringan turbo agar pakaian-pakaian lebih kering. Untuk pencucian manual dan menggunakan mesin cuci, pada bilasan terakhir disarankan untuk direndam selama 30 menit dengan menggunakan pewangi. Hal ini akan mengurangi bau apek.

  • Penjemuran

Ini masalah utama proses pencucian di musim hujan. Jika saat anda mencuci tidak ada matahari, anda tetap harus menjemur diluar ruangan. Angin yang berhembus akan membantu proses pengeringan. Namun jika hujan, jemurlah didalam ruangan tertutup yang berventilasi cukup agar angin masih bisa masuk ke dalam ruangan tersebut. Hal penting lainnya lebih baik pakaian anda dijemur dengan cara digantung dan jangan lupa beri jarak agar angin leluasa mengeringkan pakaian anda.

  • Penyetrikaan

Anda sebaiknya langsung menyetrika pakaian yang sudah kering di saat musim hujan. Jika anda menumpuknya, bisa saja cuaca yang lembab akan membuat pakaian-pakaian yang sudah kering akan menjadi lembab juga. Apabila ini terjadi maka bau apek tidak akan bisa dihindari. Jika ini terjadi maka anda harus mencuci ulang semua pakaian.

  • Penyimpanan

Simpan pakaian yang sudah disetrika dilemari yang kering dan tidak lembab. Ada cara mudah agar lembari anda tidak lembab yaitu dengan menggunakan penyerap lembab atau yang lebih dikenal dengan silica gel. Selain itu anda bisa juga menggunakan kamper, yang selain mencegah lembab juga membuat wangi lemari anda.

Sponsors Link

Demikian 5 tips agar baju tidak bau apek di musim hujan yang bisa anda lakukan. Pada dasarnya cara pencucian dan penjemuran yang baik akan menghindari baju dari bau apek.

Selain baju, anda juga harus ekstra cermat ketika mencuci jaket parka di musim hujan, jaket yang tebal tentu memerlukan waktu yang lama dalam proses pengeringan. Namun juga jangan remehkan cucian kecil seperti daleman, tetap harus dicuci dengan baik agar tidak apek. Apapun itu ketika musim hujan semua cucian seperti helm, sepatu, jeans, jas harus dilakukan dengan benar agar tidak bau apek.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju bau apek, bau, hujan, musim hujan, tips mencuci